Fisiografi dan mandala sedimentasi di Jawa Barat

Van Bemmelen (1949) membagi fisiografi kawasan Jawa barat menjadi 4 zona yaitu (dari utara ke selatan): zona Dataran Pantai Jakarta, zona Bogor, zona Bandung dan zona Pegunungan Selatan.

Zona Dataran Pantai Jakarta, umumnya, memiliki morfologi yang datar yang ditutupi oleh endapan sungai dan lahar gunungapi muda. Zona Bandung dicirikan oleh beberapa tinggian yang tdd endapan sedimen tua yang muncul diantara endapan volkanik. Contohnya gn Tampomas (Sumedang), gn Walat (Sukabumi) & Rajamandala (Padalarang). Zona Bandung ini merupakan puncak geantiklin berumur Plestosen yang runtuh setelah mengalami pengangkatan (Bemmelen 1949). Zona Bogor memiliki morfologi perbukitan yang memanjang barat-timur. Perbukitan ini, disebelah timur Purwakarta, membelok ke selatan dan membentuk lekukan disekitar Kadipaten yang oleh Bemmelen (1949) disebut sebagai antiklinorium dan mempunyai kaitannya dengan sesar naik Baribis. Zona Pegunungan Selatan, oleh Pannekoek (1946) dibagi menjadi 19 satuan morfologi antarlain morfologi pra-Miosen akhir dan morfologi Resen.

Selanjutnya, Martodjojo (1984) membagi kawasan Jawa barat menjadi 3 mandala sedimentasi yaitu mandala paparan kontinen, mandala cekungan Bogor dan mandala Banten.

Mandala paparan kontinen dicirikan oleh endapan gamping, lempung dan pasir kuarsa, dengan lingkungan pengendapannya laut dangkal. Mandala cekungan Bogor yang terdiridari zona Bogor, Bandung dan Pegunungan Selatan, dicirikan oleh endapan gravitasi yang umumnya terdiridari batuan beku dan sedimen. Mandala Banten, pada Tersier awal, menyerupai mandala cekungan Bogor tetapi pada Tersier akhir berkembang seperti mandala paparan kontinen.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s