Geo-arkeologi vs Arkeo-geologi

Penerapan ilmu geologi didalam pengkajian sejarah kehidupan manusia yang hidup pada masa yang lampau termasuk kedalam disiplin geo-arkeologi atau arkeo-geologi yang masing-masing dianggap atau diaku sebagai bagian dari arkeologi dan geologi.

Tetapi, berdasarkan kepada aspek keilmuannya tanpa memandang kepada induk keilmuannya (atau mungkin lebih dekat kepada geologi?), kedua istilah tersebut tidak ada bedanya yaitu menerapkan informasi geologi termasuk juga geofisika, geokimia, paleontologi, geomorfologi dsb didalam merekonstruksi sejarah manusia.

Dengan demikian yang menjadi subyek atau fokus kajian adalah Sejarah Manusia dalam ruang dan waktu. Kajian ini bukan miliknya ilmu arkeologi atau geologi saja tetapi cabang ilmu yang lainpun punya hak dan andil untuk meneliti dan berpendapat.

____________________________________
24mar12St
# Penerapan ilmu geologi didalam pengkajian sejarah kehidupan manusia yang hidup pada masa yang lampau termasuk kedalam disiplin ilmu geo-arkeologi atau arkeo-geologi. Dengan kata lain, fokus kajian geo-arkeologi adalah menerapkan informasi geologi [termasuk geofisika, geokimia, paleontologi, geomorfologi dsb] untuk merekonstruksi sejarah manusia
____________________________________

^ Perkembangan ilmu arkeologi di Amerika
^ Budaya Indonesia di zaman prasejarah
^ Pembagian jaman prasejarah di Indonesia
^ Pembagian jaman prasejarah di Indonesia [2]
^ Arkeologi
^ Jaman Es

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s