Cerita tamu nabi Ibrahim as (1)

Saya tertarik dengan cerita di surat Al Hijr (15) ayat 51 sampai 77, tentang  nabi Ibrahim as yang kedatangan tamu (mungkin lebih dari 1 orang).

Awalnya Ibrahim as merasa takut terhadap kedatangan tamunya tsb, tanpa dijelaskan apa penyebabnya. Tapi kemudian, rasa takut tsb hilang setelah tamu tsb menerangkan maksud kedatangannya yaitu memberitahu bahwa Ibrahim as akan memperoleh seorang anak laki-laki (yaitu nabi Ishak as) dan memberitahukan bahwa ada suatu kaum yaitu kaum nabi Luth as yang akan dihancurkan oleh sebab kelakuan-kelakuan buruk mereka (salah satunya homoseksual yang diceritakan di sini).

Ketika mereka menemui Luth as, mereka pun memberitahukan hal itu dan mengatakan azab itu akan datang diwaktu subuh (saat orang sedang terlelap tidur) atau (di ayat 73) ketika matahari akan terbit. Azab itu mungkin berupa gempa bumi yang disertai dengan suara keras dan hujan batu (tanah yg keras).

Hal yang menarik dari kisah ini (bagi saya), antaralain:

  1. Siapa tamu nabi Ibrahim itu?
  2. Apa penyebab rasa takutnya Ibrahim as sewaktu kedatangan tamunya itu?
  3. Apakah hujan batu itu memang berupa batu yang jatuh dari atas seperti halnya air hujan? Saya pikir hujan batu itu adalah berupa batu/tanah yang longsor dari gunung seperti yang pernah di  desa Cikangkareng, kec Cibinong, kab Cianjur, akibat gempa bumi berkekuatan 7,3 sR pada tanggal 2 September 2009 yl.

13 Ramadhan 1430H, pasca gempa bumi 7,3 sR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s