Industri tulang Sampung

Gua Lowo di Sampung, yg terletak disebelah barat-laut Ponorogo adalah lokasi tipe untuk temuan alat-alat tulang yg dikenal sbg industry tulang Sampung(Sampung bone industry). Alat tulang Sampung ini tdd alat tulang, tanduk, kulit kerang, batu giling-landas (mortar-pestle), serpih bilah sederhana, matapanah berdasar membulat, perhiasan kerang, red ocher, gerabah pola tali, & penguburan terlipat.

Alat tulang Sampung ini juga ditemukan di gua2 lainnya, tetapi hanya terbatas di wilayah Jatim saja (tersebar mulai dari lereng gunung Lawu di barat hingga ujung timur pulau Jawa dan terdapat baik di pantai utara maupun selatan wilayah ini, yaitu di Bojonegoro (gua Kramat & gua Lawang), Prajekan (gua Petprupuh), Puger (gua Sodong & gua Marjan), Punung-Pacitan (di bukit Cantelan).

Sumber:
Tanudirjo (1985)

Leave a Reply

