Kota zaman Neolitik

[25agt03Sn] & [10agt12J 22ram1433H]
Dalam bhs Arab kata “kota” dlm surat Al Hajj [22] ayat 45 disebut “qoryatin”, sedangkan dlm surat Al Qashash (28) ayat 59 disebut “al quraa”. Apakah ada perbedaan pengertian ant “qoryatin” & “al quraa”? Qoryatin dlm suratAl Israa (17) ayat 16 diartikan juga sbg “NEGERI”

(31agt12J dr p.Aceng) Berdasarkan kamus mufrodatu alfadzil qur’an, qoryah ialah nama s/ tempat yg didlmx berkumpul mns2. Dlm pendpt sbgan ahli tafsir kadang2 qoryah itu bermakna qoum (pendudukx). Qoryah berarti pula nama unt NEGERI atau KOTA. Sbgan ulama ahli bhs ada yg berpendpt bhw qoryah berasal dr kata kerja QORO yg artix MENJAMU, shg dikenal contoh kata qoroitud doifa [sy menjamu tamu itu], atau kadang kata qoro itu berarti mengumpulkan. Perbedaan kata qoryah & quro ialah qoryah bentuk tunggal sedangan quro bentuk jamakx. Menurut sbgan ahli bhs & ahli tafsir kata QURO itu diartikan nama unt sebuah KOTA atau NEGERI spt dlm surat Huud 117 & surat Saba ayat 18 bhw QURO diayat ini adl kota Mekah.

Kalau kata QORYAH itu dianggap dari kata QORO yg berarti mengumpulkan atau menjamu, maka darisini kita bisa menangkap bhw konotasi dari kata QORYAH atau QURO itu adl tempat yang ramai dalam artian bhw pendudukx sdh mempunyai budaya yg cukup tinggi.

[11dec12Sl lab mikropal] Lafal al qoryah ialah nama bg satu tempat unt berkumpulx org2, kadang2 dipergunakan unt satu tujuan, sbg firman Allah swt: “~~ & tanyalah (penduduk) negeri”. Banyak dr kalangan ulama tafsir mengatakan mengenai makna ayat di atas ialah penduduk negeri.Sebgan lainx mengatakan al qoryah di sini ialah kaum itu sendiri. Sebenarx al qoryah itu ialah satu nama bg sebuah kota (Al Quran Cordoba:15)

Suatu kota/negeri dpt ditinggalkan oleh penghuninya krn berbagai sebab al bencana alam shg tdk prospek lagi sbg kawasan hunian. Pengertian ini sy tafsirkan dr surat Al Kahfi (18) ayat 7-8.
[7: ssgx Kami telh menjdkan apa yg ada di bumi sbg perhiasan bgx agar Kami menguji mrk siapakah diant mrk yg terbaik perbuatanx
60: & ssgx Kami benar2 akan menjdkan (pula) apa yg ada di atasx menjd tanah rata lg tandus (13jul13St 5ram1434H)
]

Kehidupan mns jaman dulu bersiklus yaitu selalu ada pergantian ant kejayaan & kehancuran (krn bencana alam dsb). Suatu kota/negri yg tdx aman bs hancur krn pendudukx kembali kafir. Tafsiran ini sy tafsirkan al dr surat Maryam (19) ayat 59&60
[59: maka datanglah ssdh mrk pengganti (yg jelek) yg me-nyia2kan solat & memperturutkan hawa nafsux, maka mrk kelak akan menemui kesesatan
60: kecuali org yg bertaubat, beriman & beramal saleh, maka mrk itu akan masuk surga & tdk dianiaya (dirugikan) sedikitpun
(13jul13St 5ram1434H)
]

Kota (qoryatin) dlm surat Al Hajj ayat 45 digambarkan sebagai suatu tempat dimana terdapat rumah2 yg mempunyai dinding & atap & terdpt sumur2 penampung air serta terdapat juga “masyiidin” yg diterjemahkan sebagai istana (rumah mewah?) yg dindingnya terbuat dr batu kapur. Jadi, (pendapat sy) kota yg digambarkan disurat ini adl suatu kawasan tempat tinggal mns dan pd kawasan tsb kehidupan masyarakatnya sdh komplek antaralain mrk sdh mengenal agama/kepercayaan. Jika dugaan ini benar maka mrk sdh punya rumah peribadatan.

Mengenai rmh peribadatan, dlm surat Ali Imran (3) ayat 96&97 dijelaskan bhw rmh peribadatan yg paling tua adl Baitullah yg di Bakkah (Mekah) yg dibangun oleh nabi Ibrahim as. KPN & DMN NABI IBRAHIM BERASAL?

[19Dec07R Flanner 641] Ada korelasi ant kemakmuran suatu kelompok mns atau masyarakat atau kota, negara dst dg munculnya budaya penyembahan berhala. Pd umumnya mns yg berada didlm komunitas tsb, berdasarkan surat al jaatsiyah ayat 22-26, 32, krn hidupnya hanya u/ ber-senang2 sj, mempunyai pemikiran bhw hidup ini hanya di dunia sj. Contoh dr masy yg makmur & mrk mempunyai budaya menyembah berhala adl kaum nabi Huud as (46: 21-22) & nabi Ibrahim as (43: 26-29)

APA BERHALA ITU?
1) Berhala itu dipake unt nipu –>Nuh (71) ayat 22-24
2) Selalunya hadir pd s/ peradaban –>Al Israa (17) ayat 15

Keberadaan suatu kota sdh ada sejak dulu dan kota yg dianggap yg paling tua diwakili oleh Jericho & Catal Huyuk yg hadir pada jaman Neolitik.

Jericho & Catal Huyuk adalah nama dari dua kota paling tua yang pernah dihuni manusia Neolitik yang hidup di kawasan Levant. Peranan kedua bekas kota ini cukup penting didalam memberikan gambaran tentang kehidupan masyarakat Neolitik khususnya yang hidup di kawasan Asia barat dan Timur tengah. Dari segi populasi diperkirakan jumlah manusia yang hidup di Jericho sekitar 2000 sedangkan di Catal Huyuk berkisar antara 4000-6000 orang.

Berdasarkan kepada temuan-temuan dikedua lokasi tersebut diperoleh gambaran mengenai masyarakat Neolitik antaralain:
# Mereka umumnya bermata-pencaharian sebagai petani
# Struktur social dalam masyarakat sudah komplek, antaralain: terdapatnya golongan undagi yang pakar dalam membuat keramik, perhiasan dan terdapatnya pemuka-pemuka agama.
# Sudah mengenal agama atau kepercayaan
# Terdapatnya aktivitas perdagangan antar kelompok masyarakat.

JERICHO

Terletak di kawasan Tell es-Sultan diantara Jerusalem dan sungai Jordan. Bekas kota ini diketemukan dengan cara penggalian oleh J.Garstang pada tahun 1930-1936 dan
diteruskan oleh K.Kenyon pada tahun 1952-1958. Kenyon menganggap bahwa Jericho merupakan sisa-sisa kota yang diceritakan di dalam kitab Injil (BGM CERITANYA?).

Dalam kitab perjanjian lama Jericho disebut sbg “City of Palm Trees”. Dlm cerita/tradisi agama Yahudi-Kristian, Jericho dikenal sbg tempat org2 Yahudi yg datang dr Mesir yg dipimpin oleh Yosua, pengganti dari nabi Musa as. Dilokasi ini banyak terdpt mata-air krn itu sejak dahulu kala disekitar lokasi ini telah dihuni oleh mns. Para arkeolog telah menemukan lebih dr 20 sisa pemukiman dmn yg pemukiman yg tertua berusia sekitar 11 kya (9000 SM) atau berada dlm perioda Holosen awal (http://en.wikipedia.org/wiki/Jericho)

Dari hasil penggalian terungkap urutan kebudayaan di Jericho yaitu:
# Perioda Natufian (10500-8500 BC)
# Perioda Pre-pottery Neolithic A (PPNA) (8500-7300 BC)
# Perioda Pre-pottery Neolithic B (PPNB) (7300-6300 BC)
# Perioda Chalcolithic
# Perioda Perunggu dan Besi

Menurut ency-humevol & prehis
# Perioda Pre-pottery Neolithic (PPN) A & B (c. 10300-8000 BP)
# Perioda Chalcolithic
# Perioda Perunggu dan Besi

Temuan-temuan dan interpretasi:
# Bekas tempat tinggal (rumah) yang berbentuk seperti kerucut. Bentuk rumah yang paling sederhana terdapat pada perioda Natufian dan PPNA, terdiridari satu ruang saja sedangkan pada PPNB jumlah ruangan sudah bertambah.
# Tradisi menguburkan mayat di bawah lantai atau di suatu tempat yg berada diantara rumah. Posisi mayat pada umumnya menekuk (flexed position) dan dalam satu lubang kadang diisi dengan bbrp mayat. Pada saat penguburan, mayat biasanya ditaburi dengan bubuk oksida besi (red ochre). Kebanyakan mayat org dewasa tanpa kepala karena diperkirakan kepala tersebut dikuburkan ditempat lain dan kemudian dijadikan sebagai obyek pemujaan (memuja nenek moyang). Anggapan ini didasarkan kepada penemuan beberapa tengkorak dimana bagian mukanya ditutupi oleh tanah lempung sehingga membentuk wajah manusia. Kebiasaan ini mulai tampak pada PPNA.
# Penggembalaan kambing & biri2x di Levant baru muncul pada perioda PPNB

CATAL HUYUK



Adalah nama kota atau kampung yang pernah dihuni manusia pada 7200-7100 BC (8500 BP: ency-humevol & prehis). Penemuan bekas kota ini diawali dengan penggalian oleh tim Arkeologi Inggris pada tahun 1960 dibawah pimpinan James Mellaart disebuah gundukan tanah yang diduga bukan terjadi secara alami. Gundukan tersebut dalam bahasa Turki disebut “Huyuk” terletak di dataran Konya, Anatolia kl 320 km selatan kota Ankara, Turki.

Dari hasil penggalian terungkaplah misteri gundukan tanah itu, yaitu bahwa gundukan tanah tersebut menutupi bekas suatu kota atau kampung tua.

Temuan-temuan penting:
# Rumah terbuat dari sun-dried bricks & reeds (alang2x), berbentuk seperti sarang lebah, tanpa jendela, pintu (berfungsi sbg cerobong asap juga) terdapat di atap
# Lukisan sapi jantan (bull) pada dinding rumah dan membuat patung kepala banteng: sapi yang mungkin suatu obyek yang disembah
# Patung “mother goddess” yg diketemukan pada level II (c. 5750 BC)
# Sejumlah keramik, perhiasan terbuat dari batu flint, obsidian dll.

Mengenai patung “mother goddess” yang berasal dari Catal Huyuk ini mempunyai kesamaan dengan patung “mother goddess” budaya Paleolitik atas di Eropa yaitu: seorang perempuan tanpa muka dan pergelangan kaki (ankle), ukuran leher, buah dada dan perut besar (hamil) tetapi ukuran tangan dan kaki kecil.

Para penelti belum dapat menyatakan secara tegas fungsi daripada patung ini. Merka hanya mengatakan beberapa kemungkinan saja misalnya patung tersebut mempunyai nilai sakral.
===================================================











________________________________________
[9agt12K 21ram1433H]
^^ Nabi Adam as sbg mns pertama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s