Lombard 3 (1996)

Batas2 “Indianisasi” [p.3]
#Sejauh ini, yg terutama km perhatikan adl pesisir, kota pelabuhan, tempat pelbagai pengaruh bersilangan dlm suasana kosmopolitan. Jd yg km bahas hanyalah ling perkotaan serta jaringan yg menghubkanx yg memang memp kedudukan istimewa & merup daya pendorong, ttp secara kuantitatif tdk seberapa apabila dibandingkan dg luas & pentingx tnh pertanian.

==>TEMPAT2 TERJDX PERTEMUAN BUDAYA ADL DI DAERAH PESISIR!!!!!!!!!
#Ssgx, jauh sblm persimpangan2 niaga itu maju dg pesat, sdh terlihat usaha penggabungan dr kerajaan2 KONSENTRIS yg berkembang disekitar keraton sbg pst usaha merambah hutan & menggantikanx dg persawahan
==>DMN SJ TEMPAT2 YG DISEBUT KER KONSENTRIS & APA TANDA KER KONSENTRIS?

[p.5]
#

Dlm sejarah kebud maupun sejarah perorangan, tahap awal acap kali menentukan, maka terasa betapa pentingx pengertian masa lampau itu u/ mengerti masa kini

[p.13]
Pembentukan kekuasaan raja Jawa yg lamban
#Prasasti2 pertama yg ditemukan di Jawa berasal dr Pasundan sebelah utara, dekat kota Jakarta & Bogor & ke barat didaerah Lebak. Jmlhx 5bh yg membnt satu rangkaian yg tampakx koheren. Prasasti itu dibuat dlm bhs SANSKERTA & ditatah di atas batu karang besar bertuliskan PALLAWA yg menandakan bhw pembuatanx dilakukan pd abad ke-5M. Disebutkan sebuah ker bernama Taruma dg rajax Purnawarmma pengikut setia Wisnu. Atas perintahx digali sebuah saluran didaerah Tugu tdk jauh dr pelabuhan Tj-periok skg (24). Teks2 ringkas ini (masing2 2 sd 5baris) merupakan BUKTI JEJAK2 PERTAMA MASUKX BUDAYA TULIS.

[p.23]
#Jangan lupa bhw hutan2 itu jg dihuni o/ kel2 pengembara. Waktu menceritakan pengalamanx di Kamboja pd abad ke 13M, pengelana Cina Zhou Daguan menyebut (57) disamping penduduk kota Angkor, “dua tipe org primitif” yg hidup di tempat2 terpencil di peg yi mrk yg “biarpun membnt ras tersendiri, mengerti bhs org beradab & dipakai di kota sbg budak” & mrk yg “tdk mau tunduk pd peradaban”. Kelompok yg kedua ini mengembara dg kel mrk & “hidup dr hsl perburuan” atau dr penanaman kapulaga & pohon kapas. Walaupun tdk ada kesaksian serupa u/ Jawa, besar sekali kemungkinan bhw petani padi hanya merupakan sbgan dr masy keseluruhan.
==>HAL INI MENAFSIRKAN BHW ADA MNS KOTA (BERADAD) & MNS HG YG HIDUP SEJAMAN MIS MNS PAWON !!!!!!!!!!!
#Ada se-kurang2x satu teks Jawa yg khusus menyebut kel org primitif yg msh hidup dr berburu & meramu yi kakawin Siwaratrikalpa yg dikarang pd abad ke-15 o/ mpu Tanakung (58). Syair itu mengisahkan pengalaman & sekaligus pembebasan dr sorg pemburu nista bernama Lubdhaka yg menolak jalan dhrama & dg dmk bakal menderita di neraka.
__/!!\____/!!\____/!!\____/!!\____/!!\__
[20oct13M vbm]
p.11
SEJARAH AGRARIS
Munculx kampung2 di Jawa waktux ber-beda2 tetapi secara umum berkisar dr abad 9-13M. Buktix diperoleh dr catatan2 yg ditulis di prasasti atau lempeng kuningan.

Masy desa tetap memeluhara budaya lokal mrk khususx dlm bd religi yaitu “penyembahan thd nenek moyang” yaitu mrk2 yg berstatus “pionir” dlm pembukaan kawasan baru (unt pemukiman & persawahan) dg cara membabat hutan yg mrk lakukan dlm perioda abad 17-18M. Penghargaan thd nenek moyang tsb mrk ekspresikan dg cara pemujaan thd makam2 atau kuburan mrk.

Waktu pembukaan kawasan baru tsb waktux tdk sama misalx di Jateng & Jatim berlangsung pd abad 8-13M sedangkan di Jabar terjd belakangan yi abad 17-18M

Bukti epigrafi yi prasasti yg ditulis di batu atau lempeng kuningan/mas jumlahx terbatas/sedikit. Informasi yg terdpt pada prasasti tsb adl ttg politik agraris raja2 atau penguasa & masalah2 yg ada pd level desa terutama pd abad 5-15M. Jumlahx ada 300bh & 220bh sdh diterjemahkan & dipublikasi. Sesdh abad 15M bukti epigrafi boleh dikatakan sangat sedikit atau tdk ada samasekali shg kita menghadapi kesukaran melihat bgm sejarah agraris & politik di Jawa, akan tetapi, kita dpt mengacu kpd naskah babad walaupun itu blm tentu mengandung info yg kita perlukan.
___________________________________________________
[4-8-14Sn]
Kota didaerah pesisir atau kota pelabuhan adl tempat pelbagai pengaruh bersilangan dlm suasana kosmopolitan. Ttp kota/tempat ini jika dibandingkan dg luasx tanah pertanian jauh lbh kecil [p.3]
==>BGM DG KOTA MEKAH, APAKAH JG TEMPAT PENGARUH BERSILANGAN ATAU TEMPAT TERJDX AKULTURASi?
==>BUDAYA PAGAN SDH BERURAT BERAKAR DI JAZIRAH ARAB (hAIKAL ….)

Tempat2 dipedalaman di Jateng & Jatim disekitar gn api hrs dijdkan fokus penel guna melihat perkembangan perdagangan, ekonomi & sosial dlm rentang waktu abad pertengahan di Eropa yi ant abad 5-14.

Kerajaan2 agraris adl pst usaha merambah hutan yg umumx terletak dipedalaman disekitar gn api terutama di Jateng & Jatim pd kurun waktu abad ke 5-14 [p.3]

Kerajaan 2 agraris tsb berasas hukum dewata dg masy yg hierarkis & berbudaya padi yg berencana pst ker agraris adl keraton [p.5]

Kota agraris berdenah geometris dibangun berdasarkan simbol arah mata-angin yg arsiteksturx sarat dg perlambangan kosmis [p.5]

Adax pengaruh indianisasi (mutasi pertama) thd budaya Indonesia banyak ditentang [p.7]

Apakah tradisi Jawa merup persentuhan budaya India dg budaya lokal?

Kota/negri di Jawa berdiri pd abad ke 9 atau 13 [p.11]
=OO==OO==OO==OO==OO==OO==OO==OO==OO==OO==OO==OO=

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s