FENOMENA ALAM



Duarrr, Batu Besar di Tepi Sungai Cijolang Terbelah [PR Kamis, 17 Jan, 2013]
KUNINGAN, (PRLM).- Sejumlah warga sekitar aliran Sungai Cijolang di Desa Cimenga, Kec. Darma, Kab. Kuningan dalam tiga hari terakhir diliputi rasa penasaran atas munculnya suara ledakan keras yang menyertai terbelahnya sebongkah batu besar dekat permukiman penduduk di tepi sungai tersebut. Bongkahan pecahan batu besar di tepi sungai itu juga kini menjadi tontonan masyarakat sekitar. Lokasi batu besar berdiameter sekitar 3 meter yang kini telah terbelah menjadi tiga bongkahan itu, tepatnya berada di tepi Sungai Cijolang, dekat leuwi (lubuk) Bolongoh, lingkungan RT 02/01, Desa Cimenga.

Sejumlah warga setempat, di antaranya Aep Saepudin (20), Katma (67) dan Ido (38), sebongkah batu besar itu tiba-tiba terbelah dengan sendirinya menjadi tiga bagian pada Minggu (13/1/13) pukul 4.00 WIB. Soal terbelahnya batu besar itu dinilai warga setempat tidak begitu aneh. Karena menurut sejumlah warga sekitar, jauh sebelum terbelah pun, bongkahan batu besar itu sudah terlihat beberapa alur retakan kecil. “Yang membuat herannya, mengapa pada saat batu ini terbelah sampai menimbulkan suara ledakan keras hingga menimbulkan getaran seperti gempa,” ujar Katma (67) diamini ungkapan senada sejumlah warga sekitar yang sedang melihat-lihat tiga bongkah pecahan batu tersebut, Rabu (16/1/13) siang.

Dimintai tanggapan mengenai hal itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan (DSDAP) yang juga membidangi energi Kab. Kuningan H. Kukuh T Malik, kepada “PRLM” menyatakan pihaknya belum bisa memastikan sumber energi pemicu bunyi ledakan tersebut. Kejadian batu pecah secara alami disertai suara ledakan itu, diperkirakan Kukuh terjadi karena dalam bagian tengah bongkahan batu besar itu itu terdapat struktur batuan terpisah yang mengalami pemuaian. “Pemuaian batu dalam bongkahan batu itu menimbulkan energi yang kuat hingga memecahkan bongkahan batu dan menimbulkan suara ledakan,” kata Kukuh. (A-91/A-88)
–oooOo—oOoo—oooOo—oOoo—oooOo—oOoo—oooOo—oOoo—oooOo—oOoo—oooOo—oOoo—

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s